Pengaruh Kesesuaian Lahan Fisik Pemukiman dan Kondisi Sosial Masyarakat Terhadap Kerentanan Risiko Bencana di Kota Salatiga Jawa Tengah

PENGARUH KESESUAIAN LAHAN FISIK PEMUKIMAN DAN KONDISI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP KERENTANAN RISIKO BENCANA DI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH.

Afief Bagus Wicaksono

Abstrak

Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengkaji penentuan arahan fungsi kawasan pemukiman di kota Salatiga dengan sasarannya antara lain untuk mengetahui sebaran spasial kesesuaian lahan fisik kawasan pemukiman dan kondisi sosial masyarakat di Kota Salatiga, dan mengetahui pengaruh kesesuaian lahan fisik kawasan pemukiman dan kondisi sosial masyarakat terhadap kerentanan risiko bencana di Kota Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berjenjang dengan teknik pengharkatan atau skoring. Pengharkatan/skoring dilakukan pada setiap indikator pada tiap komponen. Hasil dari penelitian ini adalah Kesesuaian lahan pemukiman dengan kondisi tidak sesuai dan kurang menunjukan bahwa daerah tersebut adalah daerah yang rentan terhadap bencana berdasarkan faktor fisik (morfologi), sedangkan kondisi cukup sesuai menunjukan kondisi dengan tingkat kerentanan terhadap bencana sedang, dan kondisi kesesuaian lahan sesuai menunjukan tingkat kerentanan terhadap bencana rendah, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesesuaian lahan terhadap kondisi kerentanan bencana adalah faktor fisik atau morfologi. Faktor kepadatan penduduk menjadi faktor yang menunjukan tingkat kerentanan tinggi terhadap risiko bencana, maka pada wilayah perkotaan dan wilayah yang padat penduduk menjadi salah satu wilayah yang memiliki kerentanan tinggi terhadap risiko bencana.

Kata Kunci : Kesesuaian Lahan Pemukiman, Kerentanan, Kondisi Sosial, dan Risiko Bencana.

Pembimbing 1: Brigadir Jenderal TNI. Dr. Arief Budiarto, DESS (Dosen Sesko TNI AD dan Dosen Manajemen Bencana Unhan)

Pembimbing 2: Brigadir Jenderal TNI. (Purn). Drs. Makmur Supriyatno, B.Sc, M.Pd (Dosen Teknologi Informasi Geografis dan Informasi Kebencanaan Unhan)

Penulis dapat dihubungi melalui email: afief.witjaksana[at]yahoo.com

One response to “Pengaruh Kesesuaian Lahan Fisik Pemukiman dan Kondisi Sosial Masyarakat Terhadap Kerentanan Risiko Bencana di Kota Salatiga Jawa Tengah

  1. assalamualaikum, adakah penelitian lanjutan ? terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s