Sinergitas Sipil Militer untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Baik (Studi kasus: Pelaksanaan Sinergitas Sipil-Militer dalam Rangka Pembinaan Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Tahun 2010-2015)

SINERGITAS SIPIL MILITER UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (STUDI KASUS: PELAKSANAAN SINERGITAS SIPIL-MILITER DALAM RANGKA PEMBINAAN DESA TANGGUH BENCANA DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU TAHUN 2010-2015)

Neni Yanji Aurora

ABSTRAK

Bahaya letusan Gunung Api Kaba merupakan bencana alam yang paling berisiko mengancam keselamatan manusia di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.   Berdasarkan survey PMI bersama GRC melalui musyawarah dengan Pemerintah desa disepakati program kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat. Desa Sumber Urip memperoleh pembinaan dari PMI dan GRC. Setelah program ini berakhir, pembinaan dilanjutkan oleh BPBD Kabupaten Rejang Lebong, BPBD Provinsi Bengkulu dan BNPB yang menetapkan status Desa Sumber Urip menjadi Desa Tangguh Bencana. Pembinaan Desa Tangguh Bencana memerlukan Sinergitas Sipil-Militer. Penulisan tesis ini untuk melihat bagaimana Sinergitas Sipil-Militer dalam pembinaan Desa Tangguh Bencana dan bagaimana partisipasi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pembinaan Desa Sumber Urip menjadi desa tangguh bencana. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,pengamatan dan dokumentasi kepada aktor yang terlibat dalam pembinaan desa tangguh bencana. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Miles dan Huberman, yaitu; reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Buku,modul, dan bahan internet yang digunakan merupakan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini pelaksanaaan sinergitas sipil-militer dalam pembinaan desa tangguh bencana telah berjalan cukup baik, berdasarkan indikator koordinasi   instansi vertikal dengan pemerintah daerah, sistem manajemen informasi yang efektif, pengaturan kelembagaan yang efektif, Konsultasi yang efektif dengan para pemangku kepentingan utama, manajemen logistic, dan tata kelola serta dari indikator partisipasi masyarakat.

Kata Kunci: Sinergitas Sipil-Milter, Pembinaan desa tangguh bencana

Pembimbing 1: Dr. M.D. La Ode, S.IP.,M.Si, – Dosen Fakultas Strategi Pertahanan Indonesia, Dosen Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Pembimbing 2: Editha Praditya Duarte,S.Sos.,M.I.S.,M.A – Dosen Fakultas Manajemen Pertahanan.

Penulis dapat dihubungi melalui email: neniyanjiaurora[at]gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s