Integrasi Materi Pengurangan Risiko Bencana ke dalam Kurikulum pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor

INTEGRASI MATERI PENGURANGAN RISIKO BENCANA KE DALAM KURIKULUM PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN SUKAMAKMUR, KABUPATEN BOGOR

Giovenny Astaning Permana

Abstrak

Sejak bencana tsunami Aceh terjadi pada 26 Desember 2004, Indonesia mulai memprioritaskan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan menghadapi sejumlah tantangan, baik struktural maupun non-struktural, termasuk sektor pendidikan. Rencana Penanggulangan Bencana Daerah (RPBD) Kabupaten Bogor 2014 – 2019 menyebutkan bahwa Kecamatan Sukamakmur termasuk dalam kawasan rawan bencana longsor di Kabupaten Bogor. Dalam Strategi Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah yang disusun oleh Kemendiknas (2010), tercantum Surat Edaran Kemendiknas Nomor: 70a/MPN/SE/2010 tentang Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah, pelaksanaan strategi pengarusutamaan pengurangan risiko bencana di sekolah dilakukan baik secara struktural maupun non-struktural guna mewujudkan budaya kesiapsiagaan dan keselamatan terhadap bencana di sekolah melalui pengintegrasian pengurangan risiko bencana ke dalam kurikulum satuan pendidikan formal, baik intra maupun ekstra kurikuler. Tesis ini berupaya menjawab bagaimana integrasi materi pengurangan risiko bencana pada SD/MI di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, direncanakan dan dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada perencanaan khusus dari Dinas Pendidikan dan UPT Pendidikan Kecamatan Sukamakmur berkaitan dengan integrasi materi pengurangan risiko bencana ke dalam kurikulum, namun guru dan kepala sekolah telah berinisiatif untuk mengintegrasikan materi tersebut ke dalam kurikulum. Kepala sekolah dan guru sadar betul bahwa daerah tempat tinggal dan beraktifitas yaitu Kecamatan Sukamakmur termasuk kawasan rawan bencana longsor, namun belum ada upaya maksimal untuk mengurangi risikonya. Silabus dan RPP yang digunakan oleh guru dan kepala sekolah masih sebatas meniru pedoman yang sudah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan namun jarang dimodifikasi oleh guru kelas sesuai kebutuhan sekolah.

 

Kata kunci     : Integrasi, Pengurangan Risiko Bencana, Sekolah aman, Kurikulum, Mata pelajaran, Muatan Lokal, Ekstra-kurikuler

Pembimbing 1:Dr. Sutopo Purwonugroho., M.Si., A.P.U – Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dosen Universitas Pertahanan

Pembimbing 2: Brigjen TNI Lasmono, M.Si (Han) – Dosen Universitas Pertahanan

Penulis dapat dihubungi melalui email: giovenypermana[at]ymail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s