Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) ke Kabupaten Karo

Mahasiswa program studi Manajemen Bencana melakukan kegiatan KKDN di Kabupaten Karo pada tanggal 27 April – 1 Mei 2015. Hari pertama kami disambut oleh Kasdam Brigjen TNI Cucu Somantri dengan sangat baik.

IMG_0577

Selesai dengan penyambutan di Medan, kami meluncur ke tempat penginapan di Kabupaten Berastagi. Mikie Holiday Resort and Hotel memberikan fasilitas kamar, kolam renang, dan menu sarapan yang yahud! ruangan untuk evaluasi harian pun tersedia. Hari kedua, kami berkunjung ke pendopo Kabupaten Karo untuk menerima paparan dari Dandim, BPBD, Bappeda, Polres, dan Disperindagkop.

_MG_0841

IMG_2045

Setelah itu kami melihat Sinabung dari simpang empat, kondisi saat itu masih banjir lahar dingin dan hujan pun turun. Hari ketiga, kami melakukan in depth interview ke berbagai dinas dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menggali informasi mengenai dampak erupsi Sinabung dan peran yang dilakukan oleh berbagai pihak. Pengabdian Masyarakat dilakukan dalam bentuk penghiburan kepada anak-anak yang berada di pengungsian bekas gedung Universitas Karo.

_MG_7153

Pada siang hari kami melanjutkan perjalanan ke tempat relokasi Gunung Siosar. Tempat relokasi terletak jauh dari jalan raya besar, sebagian rumah telah selesai dibangun, sebagian sudah siap ditempati. Warna hijau dipilih sebagai cat dinding rumah atas permintaan masyarakat. Seperti diberitakan oleh SindoNews, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif secara simbolis menyerahkan 103 unit rumah pemukiman relokasi korban erupsi Gunung Sinabung kepada warga Desa Bekerah di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Karo, Sumatera Utara, pada Selasa 5 Mei 2015. Kami disambut oleh Wadansatgas dengan makan siang bersama.

_MG_7550 _MG_7563

IMG_20150430_134531

Kami juga memantau Gunung Sinabung dari jauh melalui PVMBG dengan kamera berlensa tele, binokuler, dan teropong. PVMBG juga memberikan gambaran mengenai aktifitas Gunung Sinabung.

DSCF2075

Perjalanan hari terakhir Kegiatan dilakukan di Medan, Kami disambut dan dijamu dengan baik oleh Pangkosekhudnas III. Royal Suite Condotel menjadi tempat penginapan kami selanjutnya. City Tour Medan pun dimulai dari “Rahmat” International Wildlife Museum and Gallery, Kami mendapat sambutan dari manajer pengelola dan makan siang bersama di ruangan khusus. Perjalanan dilanjutkan ke Masjid Raya Medan, istana Maimun, dan tempat oleh-oleh.

_MG_8330

istana maimoon asli

Kegiatan KKDN masih terkenang hingga hari ini, moment kebersamaan mahasiswa manajemen bencana cohort 5 sekaligus menjadi pembelajaran masing-masing individu di dalamnya.

Tetap aktif dan kompak selalu!

Gioveny Astaning Permana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s