Unhan Menanam di Jalur Poros Tengah Timur

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bogor sudah seperti lukisan hijau, letak geografisnya yang jauh dari laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di Bogor. Pelantikan bupati bogor dengan masa jabatan tahun 2013-2018 jatuh pada tanggal di Gedung Tegar Beriman Cibinong sebagai saksi serah terima jabatan dari mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin kepada Hj.Nurhayanti, Selasa 24 Maret 2015. Kehadiran Bupati Bogor yang baru dilantik memberikan harapan tersendiri bagi masyarakat kabupaten Bogor. Bapak Gubernur Jawa Barat berpesan untuk memberi perhatian pada pembangunan infrastruktur Pemerintah Kabupaten Bogor seperti upaya mitigasi dan pemetaan terhadap lokasi rawan bencana serta pengendalian pembangunan agar tidak merusak lingkungan.

Setelah memegang jabatan sebagai Bupati Bogor, Ibu Hj. Nurhayanti, SH. MM. M.Si, bersama jajaran staf dan Universitas Pertahanan Indonesia melakukan Gerakan Tanam Pohon untuk mewujudkan infrastruktur hijau menuju kabupaten termaju di Indonesia. Gerakan ini berlangsung di Desa Hambalang Kecamatan Citeureup, kawasan poros tengah timur yang juga menjadi jalur alternatif puncak dua. Melibatkan pihak-pihak dari dinas terkait, acara dimulai pukul delapan pagi dengan olahraga bersama yang dipandu oleh dua orang instruktur dan musik pengiring. Gerakan-gerakan sederhana menambah semangat tamu undangan yang hadir tak terkecuali mahasiswa dan staf Universitas Pertahanan Indonesia.

Jalur poros tengah timur atau jalur puncak dua ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di daerah Puncak. Pembangunan secara merata pun diharapkan antara pusat dan daerah yang terletak di jalur puncak dua, sehingga kemudahan akses melalui jalur puncak dua ditargetkan terwujud pada tahun 2018. Jalur poros tengah timur juga sangat penting diwujudkan karena menjadi penghubung wilayah-wilayah di Kabupaten Bogor, yaitu Kabupaten Bekasi dan Cipanas. Bupati Bogor memprediksi wilayah ini akan menjadi tempat kegiatan otomotif, ecopark, ekonomi kreatif, dan wisata terpadu lainnya. Gerakan Tanam Pohon termasuk dalam upaya pengamanan asset pemerintah daerah berupa tanah hibah dari para pengusaha dan masyarakat. Selain itu juga sebagai tindakan reboisasi dan rehabilitasi lahan di sekitar kawasan poros tengah timur.

sumber: idu.ac.id

Setelah Bupati Bogor memberikan sambutan, penanaman 1000 pohon mahoni dilakukan. Acara dilanjutkan dengan bernyanyi bersama di atas panggung kecil dan Mahasiswa Manajemen Bencana Universitas Pertahanan Indonesia tak mau terlewatkan menyumbangkan suara merdunya. Terima kasih kepada pemerintah kabupaten bogor yang telah mengundang mahasiswa dan staf Universitas Pertahanan Indonesia untuk berpartisipasi dalam Gerakan Tanam Pohon. Semoga dapat berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan berikutnya. Universitas Pertahanan Indonesia yang terletak di Kabupaten Bogor sangat mendukung upaya-upaya seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan lingkungan. Lingkungan yang dijaga hari ini, kelak akan memberi manfaat di generasi selanjutnya.

Salam Tangguh!

Gioveny Astaning Permana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s