Unhan Mengajar, Bakti untuk Negeri

Oleh: Gioveny Astaning Permana

IMG_7474

Unhan mengajar merupakan wadah yang diharapkan dapat menjadi pelopor bagi civitas akademika dalam pengabdian dan pembangunan negeri, melalui pembelajaran kepada calon penerus bangsa. Ibu Herlina selaku dosen mata kuliah Sistem Pertahanan Negara (SISHANNEG), pada semester awal perkuliahan memberikan ide agar mahasiswa Universitas Pertahanan Indonesia khususnya program studi manajemen bencana tergerak untuk action salah satunya dengan memberikan pemahaman dan pembelajaran pada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Universitas Pertahanan Indonesia, khususnya anak usia sekolah.

Tim seminar yang dibentuk di kelas manajemen bencana menangkap ide tersebut dan berupaya merealisasikannya. Dalam tim kecil yang pada awalnya hanya berlima, mengajak teman-teman lain untuk bergabung dan berpartisipasi melancarkan aksi yang dinamakan Unhan mengajar. Bangga? Pasti!

Dafid Kurniawan sebagai ketua, berkoordinasi dengan kami sebagai anggota tim. Survey pun dilakukan ke kantor Desa Tangkil, kantor Desa Hambalang, dan berujung di SDN Hambalang 02. Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah, khususnya Pak Ukat yang membantu koordinasi antara kami dengan pihak sekolah, yaitu kepala sekolah dan wali kelas V (Pak Teguh dan Pak Usman). Unhan mengajar disambut baik oleh wali kelas V, Universitas Pertahanan Indonesia selama ini dianggap hanya berkaitan dengan militer namun setelah kami hadir anggapan itu pun sirna sudah. Universitas Pertahanan Indonesia adalah melting point antara sipil dan militer, Unhan memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Pada Sabtu pagi yang cerah, 14 Maret 2015, Unhan mengajar terselenggara dan dimulai pukul 09.00 WIB. Segala sesuatu yang dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya membuahkan hasil yang manis. Materi melek bencana dan cinta tanah air dikemas sedemikian rupa oleh tim yang terdiri dari beberapa program studi, yaitu ketahanan energi, manajemen pertahanan, diplomasi pertahanan, perdamaian dan resolusi konflik, serta keamanan maritim. Kepala program studi manajemen bencana Bapak Lasmono dan kepala program studi diplomasi pertahanan Ibu Christine turut mendampingi kami di SDN Hambalang 02. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun hadir memberikan materi untuk kelas IV SDN Hambalang 02. Antusiasme murid-murid terlihat saat kami hadir di kelas.

Pembelajaran dimulai dengan bermain dan pre-test yang dipandu oleh tim Unhan mengajar. Materi cinta tanah air disampaikan melalui pengenalan profesi dan budaya Indonesia melalui video, slide, dan papan bergambar. Pembahasan melek bencana disajikan melalui permainan puzzle, gambar-gambar tentang bahaya longsor, dan permainan evakuasi.

Unhan mengajar di SDN Hambalang 02 diharapkan menjadi awal bagi kegiatan-kegiatan selanjutnya, terutama di lingkungan Universitas Pertahanan Indonesia. Evaluasi dalam kegiatan ini sangat berguna untuk perbaikan dan peningkatan pada kegiatan berikutnya. Unhan mengajar diharapkan menjadi pemicu lahirnya generasi penerus bangsa yang cinta tanah air Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s