Antusiasme Pengunjung Terhadap Stand UNHAN di Acara Pameran Indo Defence 2014

Universitas Pertahanan  menjadi salah peserta Indo Defence 2014 Expo & Forum yang dilaksanakan pada 5 s/d 8 November 2014, bertempat di JIE Kemayoran Jakarta. Booth Universitas Pertahanan (BP 48) dikunjungi oleh kurang lebih 350 pengunjung. Pengunjung ada yang berasal dari , militer, dan umum, baik dari dalam dan luar negeri. Rata-rata pengunjung berusia antara 21 s/d 50 tahun yang mayoritas laki-laki. Pengunjung yang terdata diantaranya dari Universitas, Kementrian, tentara asing dari Thailand, Filipina, Arab Saudi, Malaysia, Tiongkok, Korea Selatan, Oman, Singapura, Swedia, Rusia,  dsb.

Pada saat kunjungan, adapun hal yang banyak di tanyakan oleh pengunjung diantaranya profil Universitas Pertahnan seperti, lokasi kampus, Program Studi yang tersedia, syarat untuk menjadi mahasiswa, waktu pendaftaran, fasilitas yang ada, keterikatan dinas, dan peluang kerja. Selain itu hal umum yang ditanyakan adalah mengenai dosen-dosen pengajar, partisipasi dan komposisi mahasiswa dari militer, PNS, dan umum, serta batasan umur ketika mendaftar.

Selain hal yang terkait pendidikan, sebagian pengunjung terutama yang berasal dari perusahaan dan lembaga pendidikan. Instansi swasta maupun pemerintah yang berminat menjalin kerjasama diantaranya Pertamina, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad. PT SAAB (Swedia Aeroplane), Tim Medis SAR, dan Kepolisian.  Sedangkan dari lembaga pendidikan terdiri dari UGM, UPN (Veteran), Universitas Pertahanan Nasional Malaysia dan Sekolah pelayaran (STIP). Ketika berkunjung, mereka bertanya mengenai informasi peluang kerjasama dengan Universitas Pertahanan. Kesulitan yang dihadapi ketika berdiskusi mengenai peluang dan tawaran kerjasama adalah, pengunjung ingin menghubungi atau meminta nomor telpon yang dapat dihubungi secara personal, sedangkan petugas booth hanya dapat merekomendasikan contact person yang tertera pada brosur berupa alamat website dan nomor telpon kantor perwakilan, karena itu untuk kedepannya sebaikanya ada pejabat khusus dan berwenang yang  benar-benar  memahami alur kerjasama sehingga peluang kerjasama dapat dimanfaatkan dengan baik.

Terkait masalah alumni juga menjadi pertanyaan para pengunjung booth Universitas Pertahanan. Selain gambar kegiatan, visi dan misi, ada baiknya daftar alumni UNHAN beserta keterangannya seperti tempat dan posisi pasca menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertahanan juga ditampilkan. Begitu pula, daftar nama pengajar di Universitas Pertahanan, tidak lepas dari perhatian para pengunjung. Rata-rata pengunjung ingin mengetahui komposisi antara pengajara dari militer dan sipil.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s