Belajar Manajemen Bencana di Unhan

JAKARTA – Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) meluncurkan program studi (prodi) Manajemen Bencana. Prodi itu sebagai respons atas kurangnya tenaga profesional di bidang kebencanaan.

“Belum banyak yang menyadari pentingnya memahami karakter bencana, bagaimana mengantisipasinya, tindakan apa yang harus dilakukan jika bencana terjadi, aspek apa saja yang terkena, serta apa efek bencana bagi pertahanan,” ungkap Pejabat Rektor Unhan Mayjen TNI Dr. Syarifuddin Tippe, seperti disitat dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (23/9/2010).

Dalam peluncuran prodi terbaru Unhan tersebut, Syarifuddin juga menegaskan, pengelolaan bencana secara profesional sudah tidak dapat ditunda lagi karena tingginya kebutuhan tenaga ahli untuk membantu mengurangi kerugian bencana. Seperti diketahui, dalam penanganan bencana, keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat besar, mulai dari pengerahan pasukan, alat-alat, hingga manajemen di lokasi bencana.

Selain dari unsur sipil, prodi anyar ini juga diharapkan mampu melahirkan para ahli dalam bidang manajemen bencana dari kalangan sipil, khususunya yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Anggota TNI dan PNS yang dapat mendaftar ke prodi Manajemen Bencana adalah para sarjana yang memiliki nilai TOEFL minimal 500 dan nilai Tes Potensi Akademik minimal 550. Program magister yang didukung Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) ini menyediakan beasiswa penuh bagi para mahasiswanya termasuk biaya studi lapangan (field study) ke berbagai universitas di dalam maupun luar negeri.

Selain prodi Manajemen Bencana, Unhan juga memiliki prodi Strategi Perang Semesta, Manajemen Pertahanan, dan Ekonomi Pertahanan.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s